.....!!!!

.....!!!!

Senin, 23 Juni 2014

apa itu WATERBATH ????

PENGERTIAN WATERBATH

Waterbath merupakan alat yang fungsi utamanya adalah untuk menciptakan suhu yang konstan dan digunakan untuk inkubasi pada analisis mikrobiologi.
Waterbath dengan model WNB 10 ini, memiliki standard peralatan spt :
  • Sistem kontrol dengan menggunakan mikroprosesor PID-temperatur control dengan system diagnosis otomatis terpadu dengan indikator kesalahan.
  • Interior untuk konsep pemanas dengan p x l x t = 350 x 210 x 140 mm .
  • Interiornya mudah dibersihkan dan terbuat dari stainless steel.
  • Memiliki temperatur range yaitu Suhu antara + 10 ° C ( minimum 5 ° C diatas ambient) sampai + 95 ° C with additional boiling mode ( + 100 ° C).
¨Waterbath merupakan alat pemanas  yang menggunakan heater kering. Heater ini dikontrol menggunakan sebuah thermostat.
¨Pada saat saklar digeser pada posisi on, maka arus listrik dari sumber akan memberi suplly listrik pada heater.
¨Heater yang diberi arus listrik akan memberikan panas pada alat, suhu semakin tinggi.
¨Sensor thermostat yang ditempatkan di daerah pemanasan pada waterbath akan ikut menjadi panas dan memuaikan cairan dalam sensor tersebut.
¨Pada derajat suhu tertentu, dimana pemuaian dari cairan sensor cukup tinggi, maka bertambahnya volume cairan sensor ini akan memberikan tekanan pada kontaktor thermostat sehingga kontaktor terbuka
¨Dengan tebukanya kontaktor thermostat , heater tidak mendapatkan suplly arus. Suhu berangsur-angsur turun, tekanan pada sensor thermostat kembali turun sehingga kontaktor kembali tertutup.


FUNGSI WATER BATH
Alat ini berfungsi sebagai pemanas sekaligus penghomogenan suatu larutan. pada alat ini terdapat media air.
water bath adalah alat yang berfungsi menjaga kestabilan suatu bahan pada suhu tertentu yang dapat menyebabkan kondisi suatu bahan lebih akomodatif.
Water Baths juga digunakan untuk keperluan inkubasi dan lain-lain, atau bahkan bisa menggantikan heating block. Bedanya hanya ada media berupa air untuk pemanasan.¨Suatu alat yang berfungsi untuk memanaskan air yang berguna untuk menjaga kestabilan suhu dari cairan yang ada dalam tabung reaksi Alat ini tidak di lengkapi dengan Fuse, sehingga kurang aman.
Saklar utama
ØBerfungsi untuk m,enghidup-matikan alat. Pada posisi 0 pesawat dalam keadaan mati. Pada posisi 1 pesawat dalam kondisi hidup dengan di tandai menyalanya lampu switch.
Knop termostat
ØBerfungsi untuk mengatur derajat suhu yang di inginkan. 
1. SAKLAR  
    SAKLAR BERFUNGSI SEBAGAI PENGHUBUNG DAN PEMUTUS CIRCUIT.
 2. THERMOSTAT
    Pada bagian sensor thermostat berisi cairan yang akan memuai jika diberi panas. Pemuaian ini           dimanfaatkan untuk mendorong suatu plat kontaktor. Plat kontaktor dapat diatur tekanannya dengan memutar sebuah knop.


3.HETHER
¨Heather adalah suatu komponen yang dapat merubah arus listrik menjadi energi panas. Teori dasarnya adalah apabila arus listrik yang besar dialirkan melalui penampang penghantar dengan luas permukaan yang sangat kecil, maka penghantar tersebut menjadi panas karena benturan elektron yang sangat cepat dan terpusat pada penampang penghantar kecil.
¨Hal ini akan mengakibatkan panasnya penghantar. Dari segi elektrikal, panas yang ditimbulkan merupakan kerugian, tapi dari segi pemanfaatan panas yang ditimbulkan dapat dimanfaatkan untuk berbagai terapan dalam praktek.














JENIS-JENIS WATER BATH
Ada beberaja jenis water bath, yaitu seperti :
1.      water bath shaker
2.      waterbath incubator








Tidak ada komentar:

Posting Komentar